Nama Jurusan dan Gelar Alumni

Ada kegalauan di kalangan mahasiswa, dosen, dan pengelola Jurusan BKI hampir  di seluruh Indonesia. Penyebabnya, “nomenklatur” nama jurusan dan gelar alumni yang berubah-ubah. Yaitu dari BPI menjadi BKI dan kini harus BPI lagi.

Hari ini saya menerima 2 kabar. Pertama Jurusan BKI IAIN Palopo menerima SK perubahan nama jurusannya dari BKI menjadi BPI.

Saya juga menerima kabar bahwa alumni BKI yang wisuda pada Nopember 2016 sudah mendapat ijazah dan di ijazah itu tertulis nama jurusan: BKI dan gelar alumni: S.Sos.

Rupanya penulisan nama Jurusan dan gelar alumni di ijazah tersebut memperhatikan aspirasi mahasiswa dan pengelola Jurusan BKI, juga dekanat FUDA yang direspon oleh Rektor IAIN SMH Banten dengan SK tertanggal ….

Sumber kegalauan pada minggu ini adalah mahasiswa melihat di spanduk dan brosur penerimaan mahasiswa baru IAIN SMH Banten nama jurusan mereka ditulis BPI.

Berdasarkan PMA No. …. nama jurusan adalah BKI.

Berdasarkan PMA No. …. nama jurusan adalah BPI.

Jurusan BKI IAIN SMH Banten berdiri berdasarkan proposal dengan nama jurusan BPI. Tapi, karena nomenklatur yang berlaku pada saat itu menyebut nama jurusan adalah BKI, maka izin operasional dari Kemenag pun menyebut nama jurusan ini BKI.

Maka, Jurusan BKI IAIN SMH Banten pun bergerak dengan visi BKI.

Sebagaimana telah disebutkan, saat PMA No. … terbit, dan mengharuskan nama jurusan BKI berubah menjadi BPI, Pengelola Jurusan BKI pun mengadakan diskusi dengan stakeholders terutama mahasiswa Jurusan dan Pengelola Fakultas FUDA, maka diperoleh aspirasi untuk tetap menggunakan nama BKI untuk jurusan BKI di FUDA, dan menerima gelar alumni: S.Sos. 

Aspirasi ini direspon oleh Rektor IAIN SMH Banten dengan menerbitkan SK sesuai aspirasi tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa inilah sikap IAIN SMH Banten. 

Saat ini Forum Dekan Dakwah bersama Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam (ABKI) sedang berdialog dengan Kementerian Agama agar aspirasi tersebut yang juga diusung banyak Jurusan BKI di PTAIN diwadahi dengan kepastian hukum. Usaha ini mendapat respon positif. 

Info dari Wadek II FUDA yang malam ini Kamis 30 Maret 2017 sedang mengikuti Raker IAIN Banten:

Info ini dikuatkan oleh Wadek I:

Maka, semoga kegalauan ini segera sirna dan Jurusan BKI semakin mantap menebar pencerahan dan keceriaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s