BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

RPS Psikologi Industri

Tinggalkan komentar

https://drive.google.com/open?id=0B2Ve9cHJIEnvMU9ld1FmVkd2aENVNmNkZnRkanljTnRKb2N3

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

Institut : Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Fakultas : Ushuluddin Dakwah dan Adab
Program Studi : Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)

 

Mata Kuliah : Psikologi industri
Bobot/Sks : 2 Sks
Kode Mata Kuliah :  
Sifat :
Pra-Syarat :  
Semester :
Periode Kuliah :
Jumlah Pertemuan tatap muka :
Jadwal Kuliah :
Ruang :  
Dosen Pengampu :

 

TUJUAN

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami isi materi psikologi industri.

 

DESKRIPSI

Mata kuliah psikologi industri ini membahas tentang: 1) pengantar psikologi industri; 2) motivasi dan kepuasan kerja; 3) stress dalam pekerjaan; 4) kepemimpinan; 5) gaya, aktivitas, dan keterampilan kepemimpinan; 6) dinamila kelompok dan tim; 7) konflik dan keterampilan negoaisasi; 8) teknologi komunikasi dan proses nterpersonal; 9) psikologi konsumen

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI (PROGRAM LEARNING OUTCOME)

  1. Mampu memahami materi psikologi industri

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (COURSES LEARNING OUTCOME)

  1. Mampu memahami pengertian dari ilmu psikologi serta peranannya dalam industri dan organisasi
  2. Mampu memahami pengertian dan teori dari motivasi dan kepuasan kerja
  3. Mampu memahami pengertian, penyebab, akibat stress, dan cara mengatasinya dalam lingkungan kerja
  4. Mampu menjelaskan latar belakang studi kepemimpinan, teori kepemimpinan dasar dan modern
  5. Mampu menjelaskan gaya kepemimpinan, aktivitas dan peran kepemimpinan, dan keterampilan kepemimpinan.
  6. Mampu menjelaskan jenis-jenis kelompok, dinamika kelompok informal dan formal, tim dalam dunia kerja
  7. Mampu memahami konflik-konflik yang terjadi antar individu atau personal, konflik yang terjadi antar kelompok dan keterampilan bernegosiasi
  8. Mampu memahami peran dari komunikasi serta teknologinya dalam prganisasi, jenis-jenis komunikasi dan teknik berkomunikasi dalam organisasi
  9. Mampu memahami pengertian dan peranan dan psikologi konsumen dalam organisasi.

 

BAHAN/SUBSTANSI KAJIAN

  1. Pengertian dari ilmu psikologi serta peranannya dalam industri dan organisasi
  2. Pengertian dan teori dari motivasi dan kepuasan kerja
  1. Pengertian, penyebab, akibat stress, dan cara mengatasinya dalam lingkungan kerja
  2. Latar belakang studi kepemimpinan, teori kepemimpinan dasar dan modern
  3. Gaya kepemimpinan, aktivitas dan peran kepemimpinan, dan keterampilan kepemimpinan.
  4. Jenis-jenis kelompok, dinamika kelompok informal dan formal, tim dalam dunia kerja
  5. Konflik-konflik yang terjadi antar individu atau personal, konflik yang terjadi antar kelompok dan keterampilan bernegosiasi
  6. Peran dari komunikasi serta teknologinya dalam prganisasi, jenis-jenis komunikasi dan teknik berkomunikasi dalam organisasi
  7. Pengertian dan peranan dan psikologi konsumen dalam organisasi.

 

STRATEGI (KEGIATAN PEMBELAJARAN)

Pembelajaran akan dilakukan dengan strategi active learning. Dosen akan mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk  aktif mencari dan menemukan berbagai konsep yang harus dikuasai. Untuk memenuhi kondisi tersebut, ada 3 kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:

  1. Presentasi (penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 2 kali pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2.. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi kelas.
  2. Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mempresentasikan materi perkuliahan sesuai dengan tema yang sudah dirancang.
  3. Diskusi kelas. Setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk aktif dalam diskusi kelas.

                                   

TAGIHAN

Ada tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama mengikuti perkuliahan, yaitu:

  1. Membuat Makalah Sesuai dengan Tema. Sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk dan materi yang sudah dibagi, masing-masing kelompok membuat materi dalam bentuk PPT, kemudian dipresentasikan di kelas.

 

PENILAIAN

Aspek-aspek yang akan dinilai untuk menentukan nilai akhir dalam perkuliahan adalah:

  1. Tugas presentasi                         30%
  2. Ujian tengah semester             20%
  3. Ujian akhir semester            40%
  4. Kehadiran                                     10%

 

PERATURAN (TATA TERTIB)

    1. Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 75% dari jumlah pertemuan ideal. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif dalam perkuliahan.
    2. Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
    3. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
    4. Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
    5. Setiap peserta selama mengikuti perkulihan berpakai sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang konselor
    6. Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif
    7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
    8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
    9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

SUMBER (REFERENSI)

  1. Buku psikologi indutri

 


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Pert.ke

(tgl.)

Capaian Pembelajaran Substansi Kajian

(materi)

Kegiatan

(Strategi/metode)

Indikator Alokasi waktu Sumber dan Media Tagihan/

Penilaian

1

Tgl……

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengantar psikologi Kontrak dan orientasi perkuliahan:

membahas tujuan, materi, strategi, sumber dan evaluasi, tugas dan tagihan dalam perkuliahan.

 

Dosen menyajikan dan mendiskusikan kontrak kuliah (RPS) bersama mahasiswa.

RPS dishare kepada mahasiswa.

Membagi dan menyepakati tugas.

120’ ·   RPS.

·   Laptop, LCD

·   Literatur yang akan digunakan

2

Tgl……

Mampu memahami pengertian dan teori dari motivasi dan kepuasan kerja ·         Pengertian dan teori-teori motivasi

·         Pengertian dan teori-teori kepuasan kerja

·         Pentingnya kepuasan kerja bagi organisasi

·         Hubungan motivasi dan kepuasan kerja

·         Pentingnya pengetahuan morivasi dan kepuasan kerja bagi manager

·  Penyajian materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

120’ ·   Laptop, LCD

·   PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

3

Tgl……

Mampu memahami pengertian, penyebab, akibat stress, dan cara mengatasinya dalam lingkungan kerja ·         Pengertian stress

·         Respon individu terhadap stress

·         Penyebab stress kerja

·         Akibbat stress kerja

·         Strategi memahami stress kerja

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

120’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

4

Tgl……

Mampu menjelaskan latar belakang studi kepemimpinan, teori kepemimpinan dasar dan modern ·         Latarbelakang studi kepemimpinan

·         Teori kepemimpinan dasar

·         Teori kepemimpinan modern

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

5

Tgl……

Ujian tengah semester
6

Tgl……

Mampu menjelaskan gaya kepemimpinan, aktivitas dan peran kepemimpinan, dan keterampilan kepemimpinan. ·         Pengertian pemimpin dan kepemimpinan

·         Gaya kepemimpinan

·         Aktivitas dan peran pemimpin

·         Keterampilan kepemimpinan

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

120’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Parktek konseling.

7

Tgl……

Mampu menjelaskan jenis-jenis kelompok, dinamika kelompok informal dan formal, tim dalam dunia kerja ·         jenis-jenis kelompok

·         dinamika kelompok informal

·         dinamika kelompok formal

·         tim dan dunia kerja

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

120’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

 

8

Tgl…..

Mampu memahami konflik-konflik yang terjadi antar individu atau personal, konflik yang terjadi antar kelompok dan keterampilan bernegosiasi ·         Konflik intra individual

·         Konflik interpersonal

·         Tingkah laku interkelompok dan konflik interkelompok

·         Konflik organisasi

·         Keterampilan negosiasi

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

 

 

9

Tgl……

Mampu memahami peran dari komunikasi serta teknologinya dalam prganisasi, jenis-jenis komunikasi dan teknik berkomunikasi dalam organisasi ·         Latar belakang sejarah dan peranan komunikasi

·         Teknologi komunikasi

·         Komunikasi non verbal dan verbal

·         Komunikasi pada atasan dan bawahan

·         Komnikasi dalam industry dan organisasi

150’
10

Tgl…

Mampu memahami pengertian dan peranan dan psikologi konsumen dalam organisas ·         Pengertian psikologi konsumen

·         Penemukenalan keperluan dalam kebutuhan konsumen

·         Proses penawara

 
 

 

Serang, ……………… 2016

Dosen,

 

 

 

 

 

 

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s