BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Tujuan, Pelaksanaan, Dan Manfaat Pembimbingan Akademik Di Jurusan BKI

Tinggalkan komentar

No Hal Penjelasan
(1) (2) (3)
1 Tujuan pembimbingan Pembimbingan kepada mahasiwa bertujuan agar mahasiswa:

·         Mampu mengerti prosedur rutin pengisian KRS, KHS, dan ujian akhir; dan iklim/budaya belajar di perguruan tinggi.

·         Mampu menyelesaikan studinya dengan baik, yaitu tepat waktu dan bermutu;

·         Mampu memecahkan masalah akademik dan non akademik selama masa studi;

·         Mampu mengembangkan minat dan bakat serta merancang karir setelah lulus.

2 Pelaksanaan pembimbingan ·      Layanan Dasar

Untuk seluruh mahasiswa dan berorientasi jangka panjang berkaitan dengan prosedur rutin dengan menggunakan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, bimbingan individual.

·      Layanan Responsif

Untuk mahasiswa yang memiliki masalah/kebutuhan tertentu baik akademik seperti cuti kuliah maupun non akademik seperti beasiswa dan organisasi dengan menggunakan teknik konsultasi, perujukan (referal), konseling sebaya, konseling krisis.

·      Layanan Perencanaan Individual

Agar mahasiswa mampu merencanakan pendidikan dan karirnya dengan baik. Strategi dan tekniknya adalah orientasi, informasi, pengembangan profesi, serta asesmen dan himpunan data mahasiswa/alumni baik secara individual dan kelompok.

3 Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan ·         Layanan Dasar: prosedur mengisi KRS, jadwal kuliah, dan hubungan dengan dosen bagi mahasiswa baru serta tema dan judul skripsi bagi mahasiswa semester 7; orientasi dan profil mahasiswa Prodi BKI, upaya mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi BKI; adab pergaulan/budaya belajar di Perguruan Tinggi.

·         Layanan Responsif: cuti  kuliah karena hamil, ibadah haji, kesulitan membayar SPP tepat pada waktunya; mata kuliah yang mendapatkan nilai kurang baik atau IPK sementara yang kurang dari 3.00; problem sosial seperti keluarga dan percintaan.

·         Layanan Perencanaan Individual: organisasi internal dan eksternal yang tepat untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa Prodi BKI; peluang karir atau studi lanjut bagi alumni; peluang kerja.

4 Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya ·         Pedoman/peraturan akademik yang belum antisipatif terhadap kasus tertentu, misalnya penyelenggaran Semester Pendek hanya di akhir semester genap; penyelenggaraan ujian TOAFL dan TOEFL pra skripsi hanya bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian komprehensif; penyelenggarakan Kukerta yang berbenturan dengan waktu PPL.

Kesulitan ini diatasi dengan konsultasi kepada Pimpinan, mengajukan perubahan pedoman, atau berkoordinasi dengan unit lain seperti Lembaga Bahasa dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat.

·         Mahasiswa segan, sungkan, takut, atau kurang berinisiatif untuk memanfaatkan bimbingan ini.

Upaya mengatasinya dengan cara menjangkau mahasiswa, menyapa dan menanyakan masalah, kebutuhan, dan rencana-rencana mereka.

5 Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan ·         Mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan baik, tepat waktu, dan bermutu.

·         Mahasiswa dapat menyelesaikan masalah akademik atau non akademik.

·         Mahasiswa dapat mengetahui wadah yang tepat untuk mengembangkan minat dan bakat.

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s