Tujuan, Pelaksanaan, Dan Manfaat Pembimbingan Akademik Di Jurusan BKI

No Hal Penjelasan
(1) (2) (3)
1 Tujuan pembimbingan Pembimbingan kepada mahasiwa bertujuan agar mahasiswa:

·         Mampu mengerti prosedur rutin pengisian KRS, KHS, dan ujian akhir; dan iklim/budaya belajar di perguruan tinggi.

·         Mampu menyelesaikan studinya dengan baik, yaitu tepat waktu dan bermutu;

·         Mampu memecahkan masalah akademik dan non akademik selama masa studi;

·         Mampu mengembangkan minat dan bakat serta merancang karir setelah lulus.

2 Pelaksanaan pembimbingan ·      Layanan Dasar

Untuk seluruh mahasiswa dan berorientasi jangka panjang berkaitan dengan prosedur rutin dengan menggunakan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, bimbingan individual.

·      Layanan Responsif

Untuk mahasiswa yang memiliki masalah/kebutuhan tertentu baik akademik seperti cuti kuliah maupun non akademik seperti beasiswa dan organisasi dengan menggunakan teknik konsultasi, perujukan (referal), konseling sebaya, konseling krisis.

·      Layanan Perencanaan Individual

Agar mahasiswa mampu merencanakan pendidikan dan karirnya dengan baik. Strategi dan tekniknya adalah orientasi, informasi, pengembangan profesi, serta asesmen dan himpunan data mahasiswa/alumni baik secara individual dan kelompok.

3 Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan ·         Layanan Dasar: prosedur mengisi KRS, jadwal kuliah, dan hubungan dengan dosen bagi mahasiswa baru serta tema dan judul skripsi bagi mahasiswa semester 7; orientasi dan profil mahasiswa Prodi BKI, upaya mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi BKI; adab pergaulan/budaya belajar di Perguruan Tinggi.

·         Layanan Responsif: cuti  kuliah karena hamil, ibadah haji, kesulitan membayar SPP tepat pada waktunya; mata kuliah yang mendapatkan nilai kurang baik atau IPK sementara yang kurang dari 3.00; problem sosial seperti keluarga dan percintaan.

·         Layanan Perencanaan Individual: organisasi internal dan eksternal yang tepat untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa Prodi BKI; peluang karir atau studi lanjut bagi alumni; peluang kerja.

4 Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya ·         Pedoman/peraturan akademik yang belum antisipatif terhadap kasus tertentu, misalnya penyelenggaran Semester Pendek hanya di akhir semester genap; penyelenggaraan ujian TOAFL dan TOEFL pra skripsi hanya bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian komprehensif; penyelenggarakan Kukerta yang berbenturan dengan waktu PPL.

Kesulitan ini diatasi dengan konsultasi kepada Pimpinan, mengajukan perubahan pedoman, atau berkoordinasi dengan unit lain seperti Lembaga Bahasa dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat.

·         Mahasiswa segan, sungkan, takut, atau kurang berinisiatif untuk memanfaatkan bimbingan ini.

Upaya mengatasinya dengan cara menjangkau mahasiswa, menyapa dan menanyakan masalah, kebutuhan, dan rencana-rencana mereka.

5 Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan ·         Mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan baik, tepat waktu, dan bermutu.

·         Mahasiswa dapat menyelesaikan masalah akademik atau non akademik.

·         Mahasiswa dapat mengetahui wadah yang tepat untuk mengembangkan minat dan bakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s