BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

RPS Psikologi Agama

Tinggalkan komentar

Institut : Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Fakultas : Ushuluddin Dakwah dan Adab
Program Studi : Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)

 

Mata Kuliah : Psikologi Agama
Bobot/Sks : 2 Sks
Kode Mata Kuliah :  
Sifat : Mata kuliah Konseptual
Pra-Syarat :  
Semester : Ganjil, 2016-2017
Periode Kuliah : AgustusDesember 2016
Jumlah Pertemuan tatap muka : 16 Kali, @ 150 Menit
Jadwal Kuliah : Senin
Ruang :  
Dosen Pengampu : AM. Fahrurrozi, MA.

 

 

  1. TUJUAN

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami teori-teori psikologi yang berkaitan dengan proses dan dinamika keberagaman, kemudian dapat menggunakannya sebagai alat analisa dalam melihat persoalan keberagaman yang terjadi dimasyarakat dan kemudian mampu memberikan solusinya.

 

  1. DESKRIPSI

Mata kuliah Konseling Keluarga ini membahas tentang: 1) Pengertian psikologi agama; 2) Psikografi agama; 3) Obyek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama; 4) Sumber kejiwaan agama; 5) Jiwa keagamaan pada anak-anak; 6) Jiwa keagamaan pada remaja; 7) Jiwa keagamaan pada orang dewasa; 8) Jiwa keagamaan pada manusia usia lanjut; 9) Agama dan kesehatan mental; 10) Gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan; 11) Psikologi doa; 12) Konversi agama; 13) Psikologi mistik.

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI (PROGRAM LEARNING OUTCOME)
  2. Mampu memahami arti psikologi agama
  3. Mampu memahami psikografi agama
  4. Mampu memahami obyek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama
  5. Mampu memahami sumber kejiwaan agama
  6. Mempu mehami jiwa keagamaan pada anak-anak, remaja
  7. Mampu memahami jiwa keagamaan pada orang dewasa, dan usia lanjut
  8. Mampu memahami gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan
  9. Mampu memahami agama dan kesehatan mental
  10. Mampu memahami gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan

 

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (COURSES LEARNING OUTCOME)
  2. Mampu menjelaskan psikologi agama
  3. Mampu mendeskripsikan psikografi agama
  4. Mampu menjelaskan obyek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama
  5. Mampu menjelaskan sumber kejiwaan agama
  6. Mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada anak-anak
  7. Mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada remaja
  8. Mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada orang dewasa
  9. Mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada manusia usia lanjut
  10. Mampu menjelaskan gangguan perkembangan jiwa keagamaan
  11. Mampu menjelaskan agama dan kesehatan mental
  12. Mampu menjelaskan psikologi doa
  13. Mampu menjelaskan konversi agama
  14. Mampu menjelaskan psikologi mistik

 

  1. BAHAN/SUBSTANSI KAJIAN
  2. Urgensi psikologi agama
  3. Definisi psikografi agama
  4. Obyek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama
  5. Menjelaskan sumber kejiwaan agama
  6. Sumber kejiwaan anak, remaja, dewasa, usia lanjut
  7. Gangguan kejiwaan
  8. Agama dan kesehatan mental
  9. Psikologi doa
  10. Konversi agama dan psikologi mistik

 

  1. STRATEGI (KEGIATAN PEMBELAJARAN)

Pembelajaran akan dilakukan dengan strategi active learning dan praktikum teori. Dosen akan mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk  aktif mencari dan menemukan berbagai konsep yang harus dikuasai. Untuk memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:

  1. Presentasi (penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 2 kali pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2.. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi kelas.
  2. Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mempresentasikan materi perkuliahan sesuai dengan tema yang sudah dirancang.
  3. Diskusi kelas. Setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk aktif dalam diskusi kelas.

 

  1. TAGIHAN

Tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama mengikuti perkuliahan, yaitu:

Membuat Makalah Sesuai dengan Tema. Sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk dan materi yang sudah dibagi, masing-masing kelompok membuat materi dalam bentuk PPT, kemudian dipresentasikan di kelas.

  1. PENILAIAN

Aspek-aspek yang akan dinilai untuk menentukan nilai akhir dalam perkuliahan adalah:

  1. Tugas presentasi                         30%
  2. Ujian tengah semester             20%
  3. Ujian akhir semester            40%
  4. Kehadiran             10%

 

  1. PERATURAN (TATA TERTIB)
  2. Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 75% dari jumlah pertemuan ideal. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif dalam perkuliahan.
  3. Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
  4. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
  5. Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
  6. Setiap peserta selama mengikuti perkulihan berpakai sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang konselor
  7. Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif
  8. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
  9. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
  10. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

  1. SUMBER (REFERENSI)
  2. Darajat, Zakiah, Prof. Dr. , Ilmu Jiwa Agama, Bulan Bintang, Jakarta, 1970.
  3. Jalaludin, Prof. Dr., Psikologi Agama, Raja Grafindo Persada. 2005.
  4. James, Williams, The Varietis of Religious Experience: A Study in Human Nature, New York, Moden Library.
  5. Larry Dossey. Healing Words, terj. T. Hermaya, PT.Gramedia Pustaka Utama, 1996.
  6. Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Agama: Sebuah Pengantar, Mizan, Bandung, 2003.
  7. Ramayulis, Prof. Dr. Psikologi Agama. Kalam Mulia. Jakarta, 2002.
  8. Thouless, Robert H., Pengantar Psikologi Agama, terj. Machnun Husen, Rajawalipress. Jakarta. 1992.

 

  1. SATUAN ACARA PERKULIAHAN

(Lihat di halaman berikut)

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Pert.ke

(tgl.)

Capaian Pembelajaran Substansi Kajian

(materi)

Kegiatan

(Strategi/metode)

Indikator Alokasi waktu Sumber dan Media Tagihan/

Penilaian

1

Tgl……

Mahasiswa memahami sistem perkuliahan Kontrak dan orientasi perkuliahan:

membahas tujuan, materi, strategi, sumber dan evaluasi, tugas dan tagihan dalam perkuliahan.

 

Dosen menyajikan dan mendiskusikan kontrak kuliah (RPS) bersama mahasiswa.

RPS dishare kepada mahasiswa.

Membagi dan menyepakati tugas.

100’ ·   RPS.

·   Laptop, LCD

·   Literatur yang akan digunakan

2

Tgl……

Mahasiswa memahami pengertian psikologi agama dan psikografi agama a.     Mahasiswa mampu memahami pengertian psikologi

b.   Mahasiswa mampu psikografi

 

·  Penyajian materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

100’ ·   Laptop, LCD

·   PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

3

Tgl……

Mahasiswa mampu memahami obyek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama Mahasiswa mampu menjelaskan objek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama

 

 

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

4

Tgl……

Mahasiswa memahami sumber kejiwaan agama Mahasiswa mampu menjelaskan sumber kejiwaan agama ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

5

Tgl……

Mahasiswa memahami sumber jiwa agama pada anak-anak Mahasiswa mampu menjelaskan sumber jiwakeagamaan  pada anak-anak ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Parktek konseling.

6

Tgl……

Mahasiswa memahami jiwa keagamaan pada remaja Mahasiwa mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada remaja ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Paraktek konseling.

7

Tgl……

Mahasiswa memahami jiwa keagamaan pada orang dewasa Mahasiswa mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada orang dewasa ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Praktek konseling.

 

8

Tgl…..

Ujian Tengah Semester

 

100’
9

Tgl……

Mahasiswa mampu memahami jiwa keagamaan pada manusia usia lanjut Mahasiswa mampu menjelaskan jiwa keagamaan pada usia lanjut

 

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ Mahasiswa dan masyarakat

 

Membuat laporan sederhana hasil observasi
10

Tgl……

Mahasiswa memahami agama dan kesehatan mental Mahasiswa mampu menjelaskan agama dan kesehatan mental ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
11

Tgl……

Mahasiswa memahami gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan Mahasiwa mampu menjelaskan gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan

 

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

150’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
12

Tgl……

Mahasiswa mampu memahami psikologi agama Mahasiswa mampu menjelaskan konversi agama

 

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
13

Tgl……

Mahasiswa memahami psikologi agama Mahasiswa mampu menjelaskan psikologi agama ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ ·       Laptop, LCD

 

Pedoman konseling dan solusi
14

Tgl……

Mahasiswa memahami konversi agama Mahasiswa mampu menjelaskan konversi agama dan psikologi mistik ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ ·       Laptop

 

Laporan praktek konseling
15

Tgl……

Mahasiswa mampu mengevaluasi perkuliahan Mahasiswa mengevaluasi kompetensi yang telah dicapai melalui proses pembelajaran semester Latihan, diskusi, dan kesimpulan

 

100’ ·       Laptop, LCD

 

·   Evaluasi

·   saran

16

Tgl……

  Ujian Akhir Semester

 

100’

 

Serang, 15 Pebruari 2016

Dosen,

  1. Fahrurrozi, MA.

 

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s