BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

RPS PENGANTAR BK

Tinggalkan komentar

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Institut : Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Fakultas : Ushuluddin Dakwah dan Adab
Program Studi : Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)
Mata Kuliah : Pengantar Bimbingan dan Konseling
Bobot/Sks : 2 Sks
Kode Mata Kuliah :  
Sifat : Mata kuliah Konseptual
Pra-Syarat :  
Semester : Ganjil, 2016-2017
Periode Kuliah : AgustusDesember 2016
Jumlah Pertemuan tatap muka : 16 Kali, @ 150 Menit
Jadwal Kuliah : Senin
Ruang :  
Dosen Pengampu : Agus Sukirno, S. Ag., M. Pd.
  1. TUJUAN

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami isi materi pengantar bimbingan dan konseling.

DESKRIPSI

Mata kuliah Konseling Keluarga ini membahas tentang: 1) Urgensi bimbingan dan konseling; 2) Sejarah bimbingan dan konseling di AS dan di Indonesia; 3) Definisi, tujuan, prinsip, asas-asas bimbingan dan konseling; 4) Bimbingan dan konseling Islam; 5) Ragam bimbingan dan konseling; 6) Bimbingan dan konseling kelompok; 7) Teori-teori konseling.

 CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI (PROGRAM LEARNING OUTCOME)

    1. Mampu memahami materi pengantar bim bingan dan konseling
    2. Mampu memahami teori-teori konseling

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (COURSES LEARNING OUTCOME)
  2. Mampu menjelaskan urgensi bimbingan dan konseling
  3. Mampu mendeskripsikan definisi bimbingan dan konseling
  4. Mampu membedakan bimbingan dan konseling
  5. Mampu menjelaskan tujuan, prinsip, asas, kesalahpahaman BK
  6. Mampu menjelaskan kesalahpahaman bimbingan dan konseling
  7. Mampu menjelaskan bimbingan dan konseling Islam
  8. Mampu menjelaskan ragam bimbingan menurut masalah
  9. Mampu menjelaskan bimbingan dan konseling kelompok
  10. Mampu menjelaskan teori-teori konseling
  11. Mampu mempraktikkan teori-teori konseling

 

  1. BAHAN/SUBSTANSI KAJIAN
  2. Urgensi bimbingan dan konseling
  3. Definisi dan perbedaan bimbingan dan konseling
  4. Tujuan bimbingan dan konseling
  5. Prinsip dan asas bimbingan dan konseling
  6. Urgensi konseling keluarga
  7. Model parenting Rasulullah
  8. Aplikasi teori konseling REBT
  9. Aplikasi teori konseling Logo terapi
  10. Bimbingan dan konseling kelompok
  11. Observasi lapangan
  12. Menyusun asesmen konseling keluarga
  13. Praktek konseling keluarga

 

  1. STRATEGI (KEGIATAN PEMBELAJARAN)

Pembelajaran akan dilakukan dengan strategi active learning dan praktikum teori. Dosen akan mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk  aktif mencari dan menemukan berbagai konsep yang harus dikuasai. Untuk memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:

  1. Presentasi (penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 2 kali pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2.. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi kelas.
  2. Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mempresentasikan materi perkuliahan sesuai dengan tema yang sudah dirancang.
  3. Diskusi kelas. Setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk aktif dalam diskusi kelas.
  4. Materi teori konseling mahasiswa praktikum di ruangan. Praktek lapangan dilaksanakan saat perkuliahan mata kuliah Teori dan Teknik Konseling.

 

  1. TAGIHAN

Ada 2 tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama mengikuti perkuliahan, yaitu:

  1. Membuat Makalah Sesuai dengan Tema. Sesuai dengan kelompok yang sudah dibentuk dan materi yang sudah dibagi, masing-masing kelompok membuat materi dalam bentuk PPT, kemudian dipresentasikan di kelas.
  2. Praktikum. Praktikum teknik konseling dilakukan setelah mahasiswa mempelajari teori-teori konseling.
  3. PENILAIAN

Aspek-aspek yang akan dinilai untuk menentukan nilai akhir dalam perkuliahan adalah:

  1. Tugas presentasi                         30%
  2. Ujian tengah semester             20%
  3. Ujian akhir semester            40%
  4. Kehadiran                                     10%

 

  1. PERATURAN (TATA TERTIB)
    1. Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 75% dari jumlah pertemuan ideal. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif dalam perkuliahan.
    2. Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
    3. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
    4. Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
    5. Setiap peserta selama mengikuti perkulihan berpakai sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang konselor
    6. Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif
    7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
    8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
    9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

  1. SUMBER (REFERENSI)
  2. Juntika Nurihsan. (2007), Bimbingan dan Konseling, Refika Aditama: Bandung, 2007
  3. A. Juntika Nurihsan, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Refika Aditama, Bandung, 2005
  4. Agus Sukirno. (2015). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Serang: A-4.
  5. Anas Salahudin, Bimbingan dan Konseling, Pustaka Setia: Bandung, 2010.
  6. Andi Mapiare, Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Usaha Nasional: Surabaya, 1984.
  7. Aunur Rahim Faqih, Bimbingan dan KOnseling dalam Islam, UII Press: Yogyakarta, 2004.
  8. Dalil-dalil al Quran dan alHadits tentang konseling keluarga.
  9. Dewa Ketut Sukardi dan Desak P.E. Nila Kusmawati, Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Rineka Cipta: Jakarta, 2008.
  10. Kathryn Geldard and David Geldard. (2011). Konseling Remaja. Terj. Eka Adi Nugraha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Prayitno dan Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, Rineka Cipta: Jakarta, 2004.
  12. Sofyan S. Willis. (2007). Konseling Individual. Bandung: Alfabeta.
  13. Sunaryo Kartadinata, Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis, Upi Press: Bandung, 2011.
  14. S Winkel dan M.M. Sri Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Media Abadi: Yogyakarta, 2010

 

  1. SATUAN ACARA PERKULIAHAN

(Lihat di halaman berikut)

 


  1. SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Pert.ke

(tgl.)

Capaian Pembelajaran Substansi Kajian

(materi)

Kegiatan

(Strategi/metode)

Indikator Alokasi waktu Sumber dan Media Tagihan/

Penilaian

1

Tgl……

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang hakikat pernikahan (memahami dan menyepakati kontrak kuliah). Kontrak dan orientasi perkuliahan:

membahas tujuan, materi, strategi, sumber dan evaluasi, tugas dan tagihan dalam perkuliahan.

 

Dosen menyajikan dan mendiskusikan kontrak kuliah (RPS) bersama mahasiswa.

RPS dishare kepada mahasiswa.

Membagi dan menyepakati tugas.

150’ ·   RPS.

·   Laptop, LCD

·   Literatur yang akan digunakan

2

Tgl……

Mampu menjelaskan pengertian, tujuan, dalil, perbedaan perkawinan dan pernikahan Pengertian,tujuan, dalil pernikahan:

Membahas tentang hakikat pernikahan, hikmah pernikahan

 

·  Penyajian materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

150’ ·   Laptop, LCD

·   PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

3

Tgl……

Mampu mendeskripsikan pentingnya menikah bagi seseorang yang telah memenuhi syarat. Urgensi Konseling Keluarga

 

 

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

4

Tgl……

Mampu mendeskripsikan Model Parenting Rasulullah Model Parenting Rasulullahi:

1.     Rasulullah dalam membina keluarga

2.     Perlakuan Rasulullah kepada para istrinya

3.     Cerita tentang Rasulullah dalam mendidik anak-anaknya

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

5

Tgl……

Mampu mendeskripsikan Teori konseling REBT dalam keluarga Teori EBT:

1.     Menjelaskan tentang REBT

2.     Aplikasi teori konseling REBT dalam konseling keluarga

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Parktek konseling.

6

Tgl……

Mampu mendeskripsikan teori konseling Logo Terapi Teori Logo Terapi: 

1.     Menjelaskan tentang Logo Terapi

2.     Aplikasi Teori Logo Terapi dalam konseling keluarga

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Paraktek konseling.

7

Tgl……

Mampu mendeskripsikan bimbingan dan konseling kelompok Bimbingan dan konseling kelompok:.

1.    Arti bimbingan kelompok

2.    Arti konseling kelompok

3.    Perbedaan keduanya

4.    Manfaat bimbingan ndan konseling kelompok dalam keluarga

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

150’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Praktek konseling.

 

8

Tgl…..

Ujian Tengah Semester

 

100’
9

Tgl……

Studi Lapangan Observasi san asesmen masalah keluarga

 

Mahasiswa melakukan observasi dan asesmen masalah dalam keluarga

 

150’ Mahasiswa dan masyarakat

 

Membuat laporan sederhana hasil observasi
10

Tgl……

Mampu mempraktekkan teori konseling yang sudah dipelajari Praktek konseling

 

·  Praktek konseling keluarga terhadap satu kasus

 

150’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
11

Tgl……

Mampu mempraktekkan teori konseling yang sudah dipelajari Praktek konseling

 

·  Praktek konseling

Terhadap satu kasus

150’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
12

Tgl……

Mampu mempraktekkan Praktek konseling

 

·  Praktek konseling terhadap satu kasus

 

150’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
13

Tgl……

Mampu mempraktekkan teori konseling yang sudah dipelajari Evaluasi praktek konseling

 

Peluang dan hambatan konseling

 

150’ ·       Laptop, LCD

 

Pedoman konseling dan solusi
14

Tgl……

Mampu menyusun laporan Menyusun laporan konseling keluarga

 

Membuat laporan tertulis dan CD

 

150’ ·       Laptop

 

Laporan praktek konseling
15

Tgl……

Mampu mempraktekkan teori konseling yang sudah dipelajari Review materi perkuliahan

 

Evaluasi dosen dan mahasiswa

 

150’ ·       Laptop, LCD

 

·   Evaluasi

·   saran

16

Tgl……

  Ujian Akhir Semester

 

150’

 

Serang, 15 Pebruari 2016

Dosen,

 

 

 

Agus Sukirno, S. Ag., M. Pd.

 

 

 

 

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s