BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

RPS Konseling Qurani

Tinggalkan komentar

 

Institut : Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Fakultas : Ushuluddin Dakwah dan Adab
Program Studi : Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)

 

Mata Kuliah : Konseling Qur’ani
Bobot/Sks : 2 Sks
Kode Mata Kuliah :  
Sifat : Mata kuliah Konseptual
Pra-Syarat :  
Semester : Ganjil, 2016-2017
Periode Kuliah : AgustusDesember 2016
Jumlah Pertemuan tatap muka : 16 Kali, @ 150 Menit
Jadwal Kuliah : Rabu
Ruang :  
Dosen Pengampu : Endang Saiful Anwar, Lc., MA

 

 

  1. TUJUAN

Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami, menghafal dan mempraktekkan dalam kehidupan ayat-ayat yang berkenaan dengan tema BK yang terdapat dalam al-Qur’an.

 

  1. DESKRIPSI

Mata kuliah Konseling Keluarga ini membahas tentang: 1) Pemikiran Islam, aspek-aspek konseling; 2) Motivasi perilaku dalam al-Qur’an; 3) Mengenal emosi dalam al-Qur’an; 4) Panca indera dalam al-Qur’an; 5) Proses berpikir langkah solutif dalam memecahkan masalah kesalahan berpikir taklid dan berpegang pada pemikiran statis; 6) Ilmu laduni dalam al-Qur’an; 7) Ingat dan lupa, lupa dan syaitha, pengobatan lupa dalam al-Qur’an; 8) Sistem syaraf dan otak dalam al-Qur’an; 9) Terapi kejiwaan dalam al-Qur’an; 10) Sakit dan penyembuhannya dalam al-Qur’an; 11) Pengarus syaithan dan permasalahannya.

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI (PROGRAM LEARNING OUTCOME)
  2. Mampu memahami pemikiran Islam, aspek-aspek konseling
  3. Mampu memahami motivasi perilaku dalam al-Qur’an
  4. Mampu memahami dan mengenal emosi dalam al-Qur’an
  5. Mampu memahami panca indera dalam al-Qur’an
  6. Mempu mehami ingat dan lupa, lupa dan syaithan, pengobatan lupa dalam al-Qur’an
  7. Mampu memahami sistem syaraf dan otak dalam al-Qur’an
  8. Mampu memahami terapi kejiwaan dalam al-Qur’an
  9. Mampu memahami sakit dan penyembuhannya
  10. Mampu memahami pengaruh syaithan dan permasalahannya

 

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (COURSES LEARNING OUTCOME)
  2. Mampu menjelaskan pemikiran Islam, aspek-aspek konseling
  3. Mampu menjelaskan motivasi perilaku dalam al-Qur’an
  4. Mampu menjelaskan emosi dalam al-Qur’an
  5. Mampu menjelaskan panca indera dalam al-Qur’an
  6. Mampu menjelaskan ingat dan lupa, lupa dan syaithan
  7. Mampu menjelaskan sistem syaraf dan otak dalam al-Qur’an
  8. Mampu menjelaskan terapi kejiwaan dalam al-Qur’an
  9. Mampu menjelaskan sakit dan penyembuhannya
  10. Mampu menjelaskan pengaruh syaithan dan permasalahannya

 

  1. BAHAN/SUBSTANSI KAJIAN
  2. Urgensi pemikiran Islam, aspek-aspek konseling
  3. Motivasi perilaku dalam al-Qur’an
  4. Emosi dalam al-Qur’an
  5. Panca indera dalam al-Qur’an
  6. Ingat dan lupa, lupa dan syaithan
  7. Sistem syaraf dan otak dalam al-Qur’an
  8. Terapi kejiwaan dalam al-Qur’an
  9. Sakit dan penyembuhannya
  10. Pengaruh syaithan dan permaslahannya

 

  1. STRATEGI (KEGIATAN PEMBELAJARAN)

Pembelajaran akan dilakukan dengan strategi active learning dan praktikum teori. Dosen akan mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk  aktif mencari dan menemukan berbagai konsep yang harus dikuasai. Untuk memenuhi kondisi tersebut, ada 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan:

  1. Presentasi (penyajian) materi oleh dosen. Dosen mempresentasikan materi di 2 kali pertemuan pertama. Materi yang dipresentasikan adalah kontrak kuliah, garis besar keseluruhan konsep/materi yang akan dipelajari dalam satu semester. Pembagian tugas (individu dan kelompok) juga diinformasikan dan disepakati pada pertemuan ke-1 sampai dengan ke-2.. Pada setiap diskusi kelas dosen juga mempunyai kewajiban untuk menyajikan paparan sebagai klarifikasi dan sekaligus penguatan terhadap konsep/materi yang dibahas dalam diskusi kelas.
  2. Diskusi kelas. Setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk aktif dalam diskusi kelas.

 

  1. TAGIHAN

Tugas (sebagai tagihan) yang harus dikerjakan dan diserahkan oleh mahasiswa, selama mengikuti perkuliahan, yaitu: Membuat Makalah individual.

  1. PENILAIAN

Aspek-aspek yang akan dinilai untuk menentukan nilai akhir dalam perkuliahan adalah:

  1. Tugas presentasi                         30%
  2. Ujian tengah semester             20%
  3. Ujian akhir semester            40%
  4. Kehadiran             10%

 

  1. PERATURAN (TATA TERTIB)
  2. Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 75% dari jumlah pertemuan ideal. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipatif dalam perkuliahan.
  3. Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
  4. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
  5. Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
  6. Setiap peserta selama mengikuti perkulihan berpakai sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang konselor
  7. Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif
  8. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
  9. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
  10. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

  1. SUMBER (REFERENSI)

 

  1. SATUAN ACARA PERKULIAHAN

(Lihat di halaman berikut)

 


  1. SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Pert.ke

(tgl.)

Capaian Pembelajaran Substansi Kajian

(materi)

Kegiatan

(Strategi/metode)

Indikator Alokasi waktu Sumber dan Media Tagihan/

Penilaian

1

Tgl……

Mahasiswa memahami sistem perkuliahan Kontrak dan orientasi perkuliahan:

membahas tujuan, materi, strategi, sumber dan evaluasi, tugas dan tagihan dalam perkuliahan.

Dosen menyajikan dan mendiskusikan kontrak kuliah (RPS) bersama mahasiswa.

 

100’ ·   RPS.

·   Laptop, LCD

·   Literatur yang akan digunakan

2

Tgl……

Mahasiswa memahami upaya pemikiran Islam, aspek-aspek konseling Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran Islam, aspek-aspek konseling Debat aktif

 

100’ ·   Laptop, LCD

·   PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

3

Tgl……

Mahasiswa mampu memahami emosi dalam al-Qur’an Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian emosi dalam al-Qur’an

 

 

Debat aktif

 

100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

4

Tgl……

Mahasiswa memahami pancaindera dalam al-Qur’an Mahasiswa menjelaskan panca indera dalam al-Qur’an Debat aktif 100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Membuat summary.

5

Tgl……

Mahasiswa memahami ingat dan lupa, lupa dan syaithan Mahasiswa mampu menjelaskan ingat dan lupa, lupa dan syaithan Debat aktif 100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Parktek konseling.

6

Tgl……

Mahasiswa memahami sistem syaraf dalam al-Qur’an Mahasiwa mampu menjelaskan sistem syaraf dalam al-Qur’an Debat aktif 100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Paraktek konseling.

7

Tgl……

Mahasiswa memahami kejiwaan dalam al-Qur’an Mahasiswa mampu menjelaskan kejiwaan dalam al-Qur’an Debat aktif 100’ ·       Laptop, LCD

·       PPT

 

 

·   Bahan presentasi (PPT).

·   Praktek konseling.

 

8

Tgl…..

Ujian Tengah Semester

 

100’
9

Tgl……

Mahasiswa mampu memahami sakit dan penyembuhannya Mahasiswa mampu menjelaskan sakit dan penyembuhannya

 

·  Debat aktif

 

100’ Mahasiswa dan masyarakat

 

Membuat laporan sederhana hasil observasi
10

Tgl……

Mahasiswa memahami ilmu laduni, ilham dan ru’yah Mahasiswa mampu menjelaskan ilmu laduni, ilham dan ru’yah ·  Debat aktif

 

100’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
11

Tgl……

Mahasiswa memahami metode terapi dalam al-Qur’an Mahasiwa mampu menjelaskan metode terapi dalam al-Qur’an

 

·  Debat aktif 150’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
12

Tgl……

Mahasiswa mampu memahami kesalahan berpikir Mahasiswa mampu menjelaskan kesalahan berpikir dan mampu memecahkan masalah

 

·  Debat aktif

 

100’ Konselor dan konseli

 

Pedoman konseling
13

Tgl……

Mahasiswa memahami tazkiyat al-nafs dan filosofinya Mahasiswa mampu mengidentifikasi contoh ayat al quran dan hadits tentang tazkiyat al-nafs ·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ ·       Laptop, LCD

 

Pedoman konseling dan solusi
14

Tgl……

Mahasiswa memahami perkembangan tasawuf di Indonesia a.   Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan tasawuf di Indonesia

b.   Mahasiswa mampu mengidentifikasi tokoh, ajaran, para sufi di Indonesia

·  Penyajian Materi

·  Diskusi kelas.

·  Penguatan.

·  Praktek

 

100’ ·       Laptop

 

Laporan praktek konseling
15

Tgl……

Mahasiswa mampu mengevaluasi perkuliahan Mahasiswa mengevaluasi kompetensi yang telah dicapai melalui proses pembelajaran semester Latihan, diskusi, dan kesimpulan

 

100’ ·       Laptop, LCD

 

·   Evaluasi

·   saran

16

Tgl……

  Ujian Akhir Semester

 

100’

 

Serang, 15 Pebruari 2016

Dosen,

Endang Saiful Anwar, Lc., MA.

 

 

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s