BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Profil Lulusan Jurusan BKI FUDA IAIN SMH Banten

Tinggalkan komentar

Profil lulusan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam yaitu:

  1. Konselor Perkawinan dan Keluarga

Memenuhi kompetensi teoritis dan praktis sebagai pembimbing, penyuluh, konselor profesional dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga di lembaga-lembaga pemerintah seperti BP4, KUA, LPA, P2TP2A, atau LSM-LSM yang bergerak dalam bidang penguatan keharmonisan, kesejahteraan, dan ketahanan keluarga, dan perlindungan keluarga dari kekerasan secara umum maupun kekerasan seksual. Semua lembaga-lembaga tersebut telah ada di Provinsi Banten dan kebutuhan masyarakat semakin tinggi.

 

  1. Konselor/Pekerja Sosial

Memenuhi kompetensi teoritis dan praktis sebagai pembimbing, penyuluh, konselor profesional dalam layanan bimbingan dan konseling sosial di lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan seperti layanan bagi anak jalanan, pengemis, gelandangan, yatim, lanjut usia, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), LGBT. Problem sosial yang berkaitan dengan kelompok masyarakat ini, termasuk dua yang disebut terakhir (ODHA dan LGBT), semakin mencuat jelas di Provinsi Banten dan membutuhkan solusi yang mempertimbangkan tradisi lokal yang cenderung sangat resisten.

 

  1. Pembimbing Rohani Islam

Memenuhi kompetensi teoritis dan praktis sebagai pembimbing, penyuluh, konselor profesional dalam layanan bimbingan dan konseling rohani Islam (chaplain) di rumah sakit, lembaga pemasyarakatan, dan rumah tahanan. Prodi BKI telah bekerja sama dengan RS Sari Asih Serang sejak 2012 dan Lapas Klas IIA dan Rutan Klas IIA Serang sejak 2015. Salah seorang alumni BKI sudah direkrut oleh RS Sari Asih Serang untuk menjadi pegawai tetap sebagai Pembimbing Rohani Islam.

 

  1. Konselor Rehabilitasi

Memenuhi kompetensi teoritis dan praktis sebagai pembimbing, penyuluh, konselor profesional dalam layanan bimbingan dan konseling rehabilitasi dan traumatik di klinik-klinik rehabilitasi. Provinsi Banten terkenal dengan citra “kyai ahli hikmah” yang berbasis pada pengobatan spiritual dan terapi sufistik. Integrasi metode ini dengan metode-metode modern yang berbasis psikologi dan psikoterapi sangat menantang.

 

  1. Konselor Pendidikan/Guru BK

Memenuhi kompetensi teoritis dan praktis sebagai pembimbing, penyuluh, konselor profesional dalam layanan bimbingan dan konseling sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah secara umum.

Walaupun ada polemik berkaitan dengan prospek alumni BKI untuk bekerja sebagai Guru BK, tapi Prodi BKI FUDA IAIN Banten mempersiapkan kurikulum yang memungkinkan alumninya untuk memiliki kompetensi sebagai guru BK. Secara praktis, orientasi karir alumni diarahkan kepada guru BK di pesantren (murabbi, pembimbing, dan konselor bagi santri di asrama seperti dilakukan di dalam Praktikum Profesi Lapangan [PPL]-nya).

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s