BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Ikatan Alumni Jurusan BKI IAIN SMH Banten (IKABKI)

Tinggalkan komentar

Alumni Prodi Bimbingan Dan Konseling Islam telah memiliki ikatan alumni yang bernama Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI) Forum ini dibentuk pada tanggal 28 September 2014 melalui rapat yang dihadiri 15 orang dari unsur alumni, pengelola Prodi, dosen Prodi, dan Pengurus HMJ BKI. Kepengurusan IKABKI periode 2014/2015 dengan ketua Bagus Rachman Wahid disahkan pada melalui SK Dekan Fakultas Ushuluddin Dakwah dan Adab nomor: In.10/F.III/2.HK/00.5/54/2015 tanggal 15 Januari 2015 tentang Kepengurusan IKABKI periode 2014/2015.

Program kerja IKABKI yang disepakati pada rapat tersebut adalah:

(1) Kajian bulanan bekerja sama dengan HMJ BKI;

(2) Infak tahunan alumni sebesar Rp. 50.000; dan

(3) Silaturahmi dengan Prodi BKI secara insidental.

Dalam kiprahnya, melalui IKABKI pada alumni Prodi BKI telah berpartisipasi dalam mendukung pengembangan akademik dan non Akademik Prodi di antaranya:

  1. Diskusi bulanan

IKABKI bekerja sama dengan HMJ BKI menyelenggarakan diskusi bulanan dengan narasumber para alumni dan audiens mahasiswa aktif. Materi yang dibahas terutama isi skripsi, pengalaman kuliah di Prodi BKI, serta pengalaman setelah lulus. Pada 2014-2015, kegiatan yang dijadwalkan per bulan ini berhasil dilaksanakan sebanyak 6 kali dengan dana gabungan antara sumbangan IKABKI dengan HMJ BKI.

  1. Workshop kompetensi konselor

IKABKI bekerja sama dengan HMJ dan Prodi BKI melaksanakan workshop pengembangan kompetensi konselor sebanyak 2 kali (tentang Sosiometri dengan narasumber Dian Wahyuni, S.Pd.I, [Guru BK MAN 2 Kota Serang] dan tentang ITP/ATP dengan narasumber Andi Irfan Permana, S.Pd., Kons. [Guru BK SMAN I Ciruas] dengan dana gabungan antara sumbangan IKABKI dengan HMJ BKI.

  1. Sumbangan skripsi

Setiap alumni secara sukarela memberikan sumbangan skripsi karya mereka untuk 2 (dua) eksemplar untuk Perpustakaan Prodi BKI.

  1. Fasilitator kegiatan Praktikum Profesi Lapangan (PPL)

Pada PPL 2016, Tiyas Yasinta, yang menjadi Koordinator Pengasuh di Panti Asuhan Nurul Haq Jogjakarta memfasilitasi satu kelompok (7 orang) mahasiswa untuk melaksanakan praktikum profesi di lembaganya.

  1. Partisipasi dalam kegiatan-kegiatan Prodi dan HMJ BKI

Dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Prodi dan HMJ BKI, seperti Trauma Healing bagi korban bencana di Mancak Serang pada 2016, BKI ber-qurban pada 2014, 2015, dan 2016; Pondok Pesantren Bulan Ramadhan HMJ BKI pada 2014, 2015, 2016 alumni berpartisipasi baik dengan memberikan sumbangan uang maupun dengan menjadi relawan dan mentor.

  1. Berbagi informasi tentang peluang kerja

Salah satu manfaat dari IKABKI adalah menjadi media berbagi informasi dan membangun jaringan tentang peluang kerja yang dapat dimanfaatkan oleh sesama alumni maupun oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah. Pada September 2016, IKABKI menyelenggarakan sharing antar alumni yang bekerja sebagai guru BK. Kegiatan ini dihadiri juga oleh mahasiswa aktif Prodi BKI.

  1. Sumbangan dana

Alumni Prodi BKI dilibatkan dalam penggalangan dana, seperti pengadaan sekretariat bersama HMJ, IKABKI, dan komunitas mahasiswa BKI, Trauma Healing Korban Bencana Alam Mancak Serang 2016, Pesantren Ramadhan 2014, 2015, 2016, BKI ber-qurban 2014, 2015, 2016.

Perantara antara alumni dengan Prodi untuk pengumpulan data dalam studi pelacakan.

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s