BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Capaian Pembelajaran Jurusan BKI FUDA IAIN SMH Banten

Tinggalkan komentar

Unsur dalam Capaian Pembelajaran (Learning Outcome)

Capaian  Pembelajaran adalah internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, pengetahuan praktis, keterampilan, afeksi, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mecakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Ada empat unsur capaian pembelajaran yang harus ada dalam Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) adalah: (1) Sikap; (2) Penguasaan Pengetahuan; (3) Keterampilan Umum; dan (4) Keterampilan Khusus

Keempat unsur tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Sikap: perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual, personal, maupun sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.

Capaian pembelajaran sikap yang harus dimiliki oleh lulusan Prodi BKI adalah sebagai berikut:

Prodi CP Sikap
 

BKI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  11. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;
  12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya; dan
  13. Berkepribadian muslim.
Penguasaan Pengetahuan: penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.

Capaian pembelajaran penguasaan pengetahuan yang harus dimiliki oleh lulusan Prodi BKI adalah sebagai berikut:

Prodi CP Penguasaan Pengetahuan
BKI 1.      Menguasai asas, prinsip, fungsi, tujuan, dan sejarah perkembangan ilmu bimbingan dan konseling;

2.      Menguasai manajemen bimbingan dan konseling;

3.      Menguasai administrasi bimbingan dan konseling;

4.      Menguasai etika profesi bimbingan dan konseling;

5.      Menguasai asas, prinsip, fungsi, tujuan, dan sejarah perkembangan ilmu psikologi;

6.      Menguasai instrumen-instrumen dalam asesmen bimbingan dan konseling;

7.      Menguasai teori-teori psikologi kepribadian, perkembangan, industri, agama, dan abnormal, dan teori-teori psikoterapi;

8.      Menguasai asas, prinsip, fungsi, tujuan, dan sejarah perkembangan ilmu tasawuf;

9.      Menguasai asas, prinsip, fungsi, tujuan, dan sejarah bimbingan dan konseling yang berbasis al-Quran dan Hadis.

10.  Menguasai metode penelitian ilmiah dalam bidang ilmu bimbingan dan konseling yang mengintentegrasikan teori modern dengan prinsip Islam.

Keterampilan: merupakan kemampuan melakukan unjuk kerja dengan meggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.

Capaian pembelajaran keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh lulusan Prodi BKI adalah sebagai berikut:

Prodi CP Keterampilan Khusus
BKI 1.      Mampu melakukan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang perkawinan dan keluarga;

2.      Mampu melakukan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang pendidikan;

3.      Mampu melakukan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang bimbingan rohani Islam;

4.      Mampu melakukan layanan bimbingan dan konseling dalam bidang rehabilitasi;

 

Keterampilan Umum adalah kemampuan kerja yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tigkat program dan jenis pendidikan tinggi.

Capaian pembelajaran keterampilan umum yang harus dimiliki oleh lulusan Prodi BKI adalah sebagai berikut:

Prodi CP Keterampilan Umum
BKI 1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;

3.      Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4.      Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.      Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

9.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.

 

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s