BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Bentuk Dan Hasil Pelayanan Kepada Mahasiswa Jurusan BKI FUDA IAIN Banten

Tinggalkan komentar

Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam memberikan beberapa macam layanan kepada mahasiswanya, yaitu: pertama, bimbingan dan konseling; kedua, pengembangan minat dan bakat (ekstra kurikuler); ketiga, pembinaan soft skillskeempat, beasiswa; kelima, kesehatan.

Pertama, bimbingan dan konseling

1.      Orientasi Pengenalan Kampus (OPAK), Diklat Manajemen Konseling Islam (DMKI), Silaturahmi Akbar FUDA, Silaturahmi Akbar Prodi BKI.

Keempat kegiatan tersebut merupakan layanan bimbingan dasar dan informasi yang diberikan kepada seluruh mahasiswa baru. OPAK diselenggarakan oleh Institut, DMKI dan Silaturahmi Akbar Prodi BKI diselenggarakan oleh HMJ BKI, Silaturahmi Akbar FUDA diselenggarakan oleh FUDA.

Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa Prodi BKI dapat memahami iklim akademik, budaya, dan tuntutan baru sebagai mahasiswa, memahami alur administrasi di Prodi, Fakultas, dan Rektorat; serta memahami kekhasan spesialisasi keilmuan dan keterampilan/skill yang dipelajadi di Prodi BKI.

2.      Lembaga Konseling Dan Konsultasi (LK2P) IAIN SMH Banten.

LK2P adalah salah satu salah lembaga di IAIN SMH Banten yang bertugas memberikan layanan bimbingan konseling bagi seluruh mahasiswa IAIN SMH Banten dalam menyelesaikan masalah-masalah akademik dan non akademik. Selain bagi mahasiswa, LK2P memberikan layanan konsultasi dan konsultasi bagi masyarakat umum.

Program rutin tahunan LK2P adalah memberikan layanan karir bagi mahasiswa baru. Pada 2016, dengan bekerja sama dengan BKKBN, LK2P IAIN SMH Banten mengadakan kegiatan pelatihan “Konselor Sebaya Bagi Mahasiswa Sebagai Calon Pengantin.”

Hasilnya, dengan keberadaan lembaga ini, seluruh mahasiswa IAIN SMH Banten memiliki tempat untuk mendapatkan layanan solutif bagi masalah yang mereka hadapi, memahami bidang-bidang karir dan profesi sebagai alumni. Secara khusus, dalam kegiatan pelatihan konselor sebaya tersebut, mahasiswa Prodi BKI berperan sebagai konselor sebaya bagi sesama mahasiswa di IAIN SMH Banten.

3.      Laboratorium Bimbingan Dan Konseling Islam

Selain menjadi pendukung kegiatan belajar mengajar dalam hal praktikum, Laboratorium BKI memberikan layanan bimbingan dan konseling individual kepada mahasiswa.

Selain itu, pada 2012-2014, Lab. BKI juga telah menyelenggarakan beberapa kursus, yaitu: (a) Kursus Bahasa Jerman, (b) Kursus Bahasa Arab, (c) Kursus Desain Grafis, (d) Kursus SPSS. Kursus-kursus ini diampu oleh dosen Prodi BKI. Hasil dari layanan ini belum maksimal karena tidak kontinyu, belum didukung dengan dana dan reward bagi dosen dan mahasiswa mengandalkan kepada kerelaan dosen pengampu dan kesadaran mahasiswa peserta.

4.      Konsultasi judul skripsi

Untuk menjamin mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan bermutu, selain dilakukan perbaikan sistem (penyebaran mata kuliah dan waktu kukerta), mahasiswa dapat berkonsultasi kepada Ketua/Sekretaris Prodi. Ketua/Sekretaris Prodi memberikan arahan tentang tema-tema yang dianggap menarik yang sesuai dengan profil alumni.

Hasilnya, persentase tema skripsi yang sesuai dengan profil utama alumni, yaitu konselor sosial dibandingkan konselor pendidikan.

5.      PIKM (Pusat Informasi Konseling Mahasiswa

Berdiri pada 24 Juni 2016, mahasiswa Prodi BKI terutama semester 5 dan 7, bekerja sama dengan LK2P mendirikan PIKM dengan tujuan menampung masalah mahasiswa terkait dengan belajar, pergaulan, karir.

Kegiatannya di antaranya penyuluhan kepada konseli sebaya dan kajian mengenai karir, keluarga, dan kesehatan mental. Dalam kegiatan ini mahasiswa Prodi BKI minimal semester 5 berperan sebagai konselor sebaya.

Hasilnya mahasiswa mendapat hal baru berupa layanan bimbingan dan konseling dari teman sebaya yang dianggap lebih efektif daripada bercerita kepada teman sebaya juga lebih nyaman daripada meminta nasihat kepada orang yang lebih dewasa.

 

Kedua, pengembangan minat dan bakat.

1.      Community of Counselor (COC)

Komunitas mahasiswa Prodi BKI ini adalah komunitas pertama yang berdiri di bawah HMJ BKI pada tahun 2012 sebagai wadah untuk lebih mengembangkan dan menguatkan penguasaan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang pembimbing/konselor.

Kegiatannya adalah diskusi rutin mingguan tentang keterampilan seperti hipnoterapi, palmistry, public speaking, Training Of Trainer (TOT), Banten Road Motivation bagi pelajar SMA dan Madrasah pra Ujian Nasional, kunjungan ke acara televisi nasional seperti Mario Teguh Golden Ways dan Mata Najwa, Bimbingan Sosial Relijius bagi Remaja dan Pemuda Karang Taruna RW XI Banjarsari Cipocok dan Renungan Tahun Baru Hijriah 1437 H di Masjid al-Muhajirin Puri Kartika Banjarsari Cipocok, dll.

Hasilnya mahasiswa Prodi BKI memiliki wadah untuk mengasah beberapa keterampilan yang mendukung kompetensi utamanya sebagai pembimbing, penyuluh, atau konselor.

2.      Counseling Movie (COVIE)

Berdiri pada 2 Desember 2013 COVIE dalam rangkaian workshop Produksi Film yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian BKI, COVIE bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa BKI untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang produksi film sebagai media konseling yang memuat nilai edukasi dan hiburan.

Kegiatan COVIE adalah bedah film rutin bulanan bekerja sama dengan Balai Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten, workshop produksi film tahunan bagi umum, workshop produksi film bagi pelajar, dukungan dokumentasi bagi kegiatan-kegiatan HMJ BKI dan komunitas mahasiswa, Prodi BKI, dan unit-unit di IAIN SMH Banten yang membutuhkan.

Hasilnya, sampai saat ini Covie telah memproduksi 2 film bekerja sama dengan The Way Production, dan memproduksi secara mandiri 8 film pendek, dan salah satunya yang berjudul “Kitab Kuning Kitab Kehidupan” berhasil meraih Juara II kategori umum dan Juara I kategori Ide Terbaik dalam kompetisi film semi dokumenter tingkat pelajar dan mahasiswa se-Provinsi Banten 2015.

3.      Konseling Bergrafis (Cobra)

Prodi BKI menganggap desain grafis sebagai salah satu soft skill yang penting bagi mahasiswa. Karena itu, dibentuklah komunitas ini untuk mewadahi kursus desain grafis.

Hasilnya, mahasiswa Prodi BKI dapat mendesain cover laporan akhir kegiatan mereka dengan desain yang menarik; mendesain spanduk, pamflet, banner yang menarik untuk kegiatan-kegiatan mereka.

4.      Counseling bagi Orang Dengan HIV dan AIDS (Codha)

Komunitas ini dibentuk sebagai respon terhadap kebutuhan akan konselor ODHA yang semakin tinggi seperti diketahui dari data Dinas Kesehatan Kota Serang, Klinik Teratai RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kota Serang, dan AIDS Watch Indonesia yang sudah memiliki kerja sama dengan Prodi BKI.

Kegiatan komunitas ini adalah kajian rutin, menghadiri pertemuan tokoh ulama dan tokoh masyarakat Provinsi Banten dalam menanggulangi HIV/AIDS 2015, audiensi ke KPAI Prov. Banten.

Hasilnya, mahasiswa memiliki kepedulian dan wawasan tentang bimbingan dan konseling bagi ODHA dan memahami perilaku seksual yang sehat dan beresiko.

5.      Islamic Spiritual Counseling (ISC)

Komunitas ini dibentuk pada 3 Mei 2016 untuk menguatkan kompetensi mahasiswa sebagai penyuluh keagamaan di masyarakat. Programnya adalah diskusi rutin, pelatihan seni salawat dan memimpin ritual keagamaan (seperti aqiqah, tasyakkuran, baca tulis al-Quran (BTQ), pengurusan jenazah dan tahlil) di masyarakat. Kegiatan yang sudah dilakukan adalah launching dan diskusi dengan tema “Konseling Nabawi” pada 3 Mei 2016, diskusi “Akhlak Konselor Islami” pada 11 Mei 2016, dan diskusi “Pacaran dalam Islam” pada 25 Mei 2016.

Hasilnya, mahasiswa memiliki bekal untuk terjun ke masyarakat sebagai pembimbing/penyuluh keagamaan.

6.      Olah raga

Untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan prestasi mahasiswa dalam Pekan Olah raga Mahasiswa (POM), secara rutin diadakan latihan futsal yang melibatkan mahasiswa, dosen, dan mahasiswa.

Selanjutnya, selain layanan-layanan tersebut yang diselenggarakan khusus di Prodi BKI, mahasiswa Prodi BKI dapat mengembangkan minat dan bakat mereka di berbagai Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Resimen Mahasiswa, Pramuka, Palang Merah, FORMACI, Mahapeka, Sigma, dan Prisma.

 

Ketiga, pembinaan soft skills

Pembinaan soft skill dilakukan melalui kegiatan yang terintegrasi di dalam kurikulum, pendukung kurikulum, maupun kegiatan tambahan. Yaitu:

1.      Workshop Bimbingan Rohani di Rumah Sakit

2.      Workshop Konseling Rehabilitasi

3.      Seminar Urgensi Konseling Di Lembaga Pemasyarakatan

4.      Workshop Produksi Film: Film Sebagai Media Konseling

5.      Workshop Hipnoterapi

6.      Workshop Asesmen Non-Tes BK Dengan Instrumen Sosiometri

7.      Workshop Asesmen Non-Tes BK Dengan Instrumen ITP/ATP

8.      Workshop Penyusunan Program BK dan RPL

9.      Workshop Konselor Setting Sosial Dan Problem Masyarakat Banten

10.  Studium General Konseling HIV/AIDS di Banten

11.  Studium General Wawasan Multikultural Bagi Konselor

12.  Studium General Profesi Konselor Kemasyarakatan

13.  Studium General Konseling Budaya Berbasis Kearifan Lokal Banten

14.  Kursus Desain Grafis

15.  Kursus Bahasa Arab

16.  Kursus Bahasa Jerman

17.  Kursus SPSS

 

Keempat, beasiswa

1.      Beasiswa yang disediakan oleh kampus.

a.       Beasiswa bidik misi

b.      Beasiswa mahasiswa berprestasi

c.       Beasiswa mahasiswa miskin berprestasi

d.      Beasiswa hafiz quran

2.      Beasiswa dari luar kampus dan penerimanya diseleksi oleh Prodi BKI

a.       Beasiswa Supersemar

b.      Beasiswa Supersemar Unggulan

c.       Beasiswa Mandiri

d.      Beasiswa Baznas Provinsi Banten

e.       Beasiswa Baznas Kabupaten Serang (alokasi dari IAIN SMH Banten)

f.        Beasiswa Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI

3.      Beasiswa dari luar kampus dan penerimanya tidak diseleksi oleh Prodi BKI

a.       Beasiswa Baznas Kabupaten Serang (mahasiswa mengajukan secara individual)

b.      Beasiswa Jamsostek

 

Kelima, kesehatan

Untuk layanan kesehatan, Jurusan BKI sudah melakukan layanan kesehatan berupa baksos kesehatan dengan bekerja sama dengan Yatim Mandiri Banten. Selain itu, Pimpinan Jurusan BKI dan Pengurus HMJ BKI telah menggagas untuk mengumpulkan iuran Dana Abadi Pendidikan dan Kesehatan Mahasiswa BKI .

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s