BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Silabus Creative Writing 2011

Tinggalkan komentar

Mata Kuliah: Creative Writing

Bobot: 2 SKS

Fakultas: Ushuluddin dan Dakwah

Jurusan: Bimbingan dan Konseling Islam

Deskripsi dan Signifikansi Mata Kuliah

Creative Writing mengajarkan keterampilan menulis kreatif yang dikhususkan pada keterampilan menulis artikel/opini di Koran. Keterampilan menulis bagi mahasiswa sangat pentingĀ  karena tradisi ilmu pengetahuan sampai derajat tertentu adalah tradisi menulis. Menulis artikel opini bisa menjadi medium yang sangat efektif bagi mahasiswa untuk menyampaikan gagasan di mana selama ini mereka lebih bisa dan terbiasa menyampaikannya dengan berdemonstrasi di jalanan. Secara ekonomi keterampilan menulis bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang tambahan yaitu melalui honor dari tulisan yang dimuat.

 

Standar Kompetensi

Melatih mahasiswa keterampilan menulis kreatif dalam hal ini artikel dan feature untuk kemudian bisa dipublikasikan di koran local.

 

Kompetensi Dasar

  1. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pentingnya menulis.
  2. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang dunia menulis dan pekerjaan yang berkaitan dengan menulis (seperti wartawan, penulis, novelis, dll).
  3. Mahasiswa terampil mencari ide dan mengembangkannya.
  4. Mahasiswa terampil menuliskan ide dalam sebuah artikel.

 

Tugas

Pribadi

  1. Membuat blog misalnya di wordpress, blogspot, dll.
  2. Menulis satu artikel tentang perkembangan Banten terbaru setiap minggu.
  3. Artikel tersebut harus sudah dipublikasikan di blog masing-masing dua harus sebelum hari kuliah. Panjang tulisan 2,5 halaman A4.

Per kelas

  1. Langganan koran local.

 

Strategi Pembelajaran

Mahasiswa diajak membaca koran-koran lokal yang terbit seminggu terakhir untuk menemukan isu-isu penting. Dari isu-isu tersebut mahasiswa didorong untuk bisa menemukan ide untuk dikembangkan menjadi tulisan dengan cara diajukan kepada mereka pertanyaan-pertanyaan kritis. Dengan demikian mereka akan menemukan masalah dari isu tersebut. Pertanyaan-pertanyaan lanjutan diarahkan agar mahasiswa mengemukakan pendapatnya berkenaan dengan isu tersebut. Kontribusi pikiran seperti apa kira-kira mereka bisa sumbangkan. Dari sana mahasiswa bisa melihat struktur abstrak dari tulisan yang mungkin bisa dikerjakan. Mahasiswa diberi waktu 4 hari untuk menulis artikel. Artikel dikirim ke alamat email dosen untuk diberi tanggapan. Selain itu, mahasiswa juga harus mempublikasikan tulisan mereka di blog masing-masing.

 

Topik perkuliahan

Pertemuan 1: Perkenalan, silabus, profesi menulis (wartawan, penulis naskah iklan, cerpenis/novelis, penulis skenario film, dll), mengenal jenis-jenis tulisan (fiksi: cerpen, novel, skenario film, naskah drama, puisi, dll; non fiksi: laporan keuangan, berita, feature/artikel, artikel ilmiah, dll).

Pertemuan 2: Mengenali jenis-jenis tulisan di koran, mengenali tema-tema artikel yang dimuat di koran, mengenali struktur tulisan artikel.

Pertemuan 3: Membaca koran bersama-sama untuk menemukan ide tulisan, mengembangkan ide agar bisa dijadikan tulisan.

Pertemuan 4-12: Membaca perkembangan isu di Banten dan mendiskusikan beberapa artikel yang dimuat dalam seminggu terakhir. Beberapa mahasiswa mempresentasikan tulisannya. Mereka dan dosen mendiskusikan dan memberikan masukan kepada penulis artikel. Bila tulsan sudah baik, mahasiswa disarankan mengirimkannya ke koran lokal.

 

Rujukan

Kuliah ini difokuskan kepada keterampilan. Teori hanya menempati porsi yang kecil. Tidak ada rujukan khusus yang harus dibaca. Semua buku yang mendukung harus dibaca, seperti Arswendo Atmowiloto, Mengarang itu Gampang (Jakarta: Gramedia, 1982, 2004)

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s