BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Pedoman Praktikum Bahth al-Kutub

Tinggalkan komentar

Landasan Pemikiran

Salah satu kompetensi yang harus dipenuhi mahasiswa untuk menyelesaikan studi sarjana S1 adalah mampu menulis skripsi. Untuk dapat menulis skripsi, mahasiswa dituntut mampu mengakses banyak literatur atau pustaka. Semakin banyak literatur yang dapat diakses mahasiswa, semakin dia mengetahui posisi kajian atau penelitian yang dilakukannya di dalam peta perbincangan akademis. Karena itu, kemampuan membaca literatur berbahasa asing adalah instrumen kompetensi yang sangat diperlukan oleh mahasiswa.

Perkembangan teknologi informatika juga memungkinkan peneliti yang tinggal di mana saja untuk mengakses penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain di belahan dunia lain. Seorang peneliti di Banten nyaris tidak perlu pergi ke Kairo untuk mengetahui dan mendapatkan literatur yang terbit di Kairo. Internet sudah menyediakan data yang sangat banyak. Begitu juga sebaliknya. Peneliti yang tinggal di Banten dapat dengan mudah berkontribusi ilmiah kepada masyarakat akademis internasional.

Kondisi ideal ini merupakan sebuah tantangan. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN “SMH” Banten berupaya menjawabnya dengan mendesain Praktikum Bahth al-Kutub di dalam kurikulumnya. Praktikum ini adalah salah satu langkah untuk mendorong kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan literatur—dalam hal ini berbahasa Arab—untuk peningkatan kompetensi ilmiah dan keterampilan praktisnya dalam bidang ilmu yang dipelajari. Bahasa Arab dipilih dengan alasan strategis, yakni sarjana lulusan IAIN “SMH” Banten diharapkan dapat memanfaatkan kekayaan khazanah ilmiah berbahasa Arab dan mengeskposnya dalam kerangka kontribusi nyata bagi umat manusia.

Tujuan

  1. Mahasiswa mampu membaca teks berbahasa Arab (qira’ah al-nas) dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling.
  2. Mahasiswa memiliki keterampilan mencari terjemahan kosa kata yang belum diketahuinya dengan cara membuka kamus (tarjamah mufradat al-nas).
  3. Mahasiswa mampu memahami pesan teks tersebut dan mengungkapkannya kembali dengan bahasa Indonesia (fahm al-nas)
  4. Mahasiswa mampu menganalisa pesan dalam teks yang dibaca dengan cara menelusuri dan membandingkannya teks-teks lain yang membahas tema yang sama (tahlil al-nas).
  5. Mahasiswa mampu memaparkan pesan teks yang dibaca dan hasil analisa setelah membandingkannya dengan literatur lain dalam sebuah diskusi (munaqashah al-nas)

Sasaran

Praktikum Bahth al-Kutub ini ditujukan kepada mahasiswa semester VI (Enam) Jurusan BKI Fakultas Ushuluddin dan Dakwah sebagai bagian dari SKS yang wajib dalam kurikulum.

Jenis

  1. Qiraah nas: membaca teks berbahasa Arab.
  2. Tarjamah nas: mencari terjemahan dengan membuka kamus.
  3. Fahm nas: menerjemah teks ke dalam bahasa Indonesia.
  4. Tahlil al-nas: membandingkan teks yang dibaca dengan teks-teks lain yang membahas tema yang sama.
  5. Munaqashah al-nas: mendiskusikan hasil terjemahan dan analisa teks yang dibaca dalam sebuah diskusi/seminar.

Media

  1. Nas yang dibaca Usus al-Tawjih wa al-Irshad min Manzur al-Tarbiyyah al-Islamiyyah Dirasah Ta‘siliyyah, ‘Abdullah Sa‘id al-Zubaydi.
  2. Kamus yang digunakan adalah al-Munawwir, al-Fikr, Kamus Kontemporer Arab Indonesia, Hans Wehr, al-Mawrid, John Echol.
  3. Komputer/Laptop yang terkoneksi internet.
  4. Proyektor.

Tempat

  1. Perpustakaan FUD.
  2. Lab Komputer.
  3. Ruang seminar mahasiswa.

Pelaksanaan

No

Kegiatan

Tempat

Jumlah pertemuan

1

Orientasi

Ruang Seminar

1

2

Qiraah dan tarjamah nas

Perpustakaan FUD

5

3

Tahlil dan fahm nas

Laboratorium BKI

5

4

Munaqashah nas

Ruang seminar

2

5

Ujian

Kelas

1

Total pertemuan

14

Jadwal

No

Kegiatan

Tempat

Waktu

1

Orientasi Praktikum Studi Teks

Ruang Seminar

Senin, 25 Juni 2012

07.30-09.10

2

Qiraah dan tarjamah nas 1:

Urgensi Bahasa Arab dalam pengembangan akademik dan profesional konselor.

Ruang Seminar

Senin, 25 Juni 2012

09.10-10.50

3

Qiraah dan tarjamah nas 2:

Kompetensi membaca dan menerjemah literatur berbahasa Arab.

Ruang Seminar

Senin, 25 Juni 2012

10.50-12.30

4

Qiraah dan tarjamah nas 3:

Praktek keterampilan menggunakan kamus.

Perpustakaan FUD

Selasa, 26 Juni 2012

07.30-09.10

5

Qiraah dan tarjamah nas 4:

Praktek keterampilan menggunakan kamus.

Perpustakaan FUD

Selasa, 26 Juni 2012

09.10-10.50

6

Qiraah dan tarjamah nas 5:

Praktek keterampilan menggunakan kamus.

Perpustakaan FUD

Selasa, 26 Juni 2012

10.50-12.30

7

Tahlil dan fahm nas 1: Internet sebagai sumber data akademis.

Lab BKFUD

Rabu, 27 Juni 2012

07.30-09.10

8

Tahlil dan fahm nas 2:

Praktek browsing internet.

Lab BKFUD

Rabu, 27 Juni 2012

07.30-09.10

9

Tahlil dan fahm nas 3:

Praktek browsing internet

Lab BKFUD

Rabu, 27 Juni 2012

09.10-10.50

10

Tahlil dan fahm nas 4:

Praktek browsing internet

Lab BKFUD

Rabu, 27 Juni 2012

10.50-12.30

11

Tahlil dan fahm nas 5:

Persiapan laporan akhir

Lab BKFUD

Rabu, 27 Juni 2012

13.30-14.50

12

Munaqashah nas 1:

Seminar hasil praktikum kelompok 1 dan 2

Ruang Seminar FUD

Kamis, 28 Juni 2012

08.20-10.00

13

Munaqashah nas 2:

Seminar hasil praktikum kelompok 3 dan 4

Ruang Seminar FUD

 Kamis, 28 Juni 2012

10.20-12.00

14

Ujian akhir

Kelas

 Jumat, 29 Juni 2012

08.20-10.00

Pembimbing

  1. Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum: Kelompok I dan II
  2. Azizah Alawiyyah, B.Ed., M.A.: Kelompok III dan IV

 

Kelompok mahasiswa

Kelompok I

  1. Suhayati
  2. Siti Maesaroh
  3. Siti Nuraisah
  4. Syarfiyyah

 Kelompok II

  1. Rosidah Amini
  2. Nita Nurhalimah
  3. Nurhalimah
  4. Nurazizah

 Kelompok III

  1. Bagus Rahman Wachid
  2. Intan Meylda Sari Pratiwi
  3. Mansur
  4. Halimatussa’diyyah

Kelompok IV

  1. Alfiana Adriani
  2. Vivi Octaviani
  3. Asnawi
  4. Armin

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s