BKI FUDA IAIN SMH BANTEN

Evaluasi Diri Ketua Jurusan BKI FUD IAIN “SMH” Banten Tahun 2011

Tinggalkan komentar

(Disampaikan dalam Workshop Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran Tahun Ajaran 2011 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN “SMH” Banten, 2011)

Oleh: Ahmad Fadhil

Tata Pamong

Personil Periode 2009-2011

Plt Ketua: Dra. Hj. Nihayatul Masykuroh, M.S.I..

Personil Periode April 2011-2015

Ketua: Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum.

Sekretaris: Drs. Kholid, M.S.I.

Staf: Agus Sukirno, M.Pd.

Fungsi dan tugas

Fungsi

Ketua dan Sekretaris Jurusan adalah pelaksana kegiatan rutin dan pengembangan jurusan yang bertanggung jawab kepada Dekan. (Statuta IAIN “SMH” Pasal 31)

Tugas

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi dalam satu atau seperangkat cabang ilmu pengetahuan, ilmu keislaman, sains dan teknologi, dan seni tertentu.
  2.  Ketua Jurusan bertanggung jawab atas mutu hasil pendidikan yang dilaksanakan pada jurusan yang dipimpinnya;
  3. Ketua Jurusan dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang sekretaris;
  4. Sekretaris Jurusan mempunyai tugas melaksanakan urusan administrasi jurusan.  (Statuta IAIN “SMH” Pasal 31)

Penjabaran Tupoksi Kajur, Sekjur, dan Staf

Tugas Ketua Jurusan BKI

  1. Memimpin pelaksanaan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Jurusan BKI.
  2. Memimpin pelaksanaan dan evaluasi kurikulum, silabus, dan SAP Jur. BKI.
  3. Mempersiapkan jadwal kuliah Jur. BKI setiap semester.
  4. Memimpin dan bertanggung jawab atas pelaksanaan program dan anggaran yang dimandatkan oleh Fakultas kepada Jurusan.
  5. Melakukan pembinaan tenaga kependidikan dan mahasiswa Jur. BKI.
  6. Menyusun rencana induk pengembangan Jur. BKI.

Tugas Sekretaris Jurusan

  1. Membantu Ketua Jurusan dalam melaksanakan tugas-tugasnya terutama dalam hal-hal yang bersifat teknis.
  2. Menggantikan tugas Ketua Jurusan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan akademik dan pembinaan mahasiswa apabila Ketua Jurusan berhalangan (dinas luar, sakit, dll.).

Tugas Staf Administrasi Jurusan

  1. Menerima, mencatat, mengolah, dan mengarsipkan surat-surat di tingkat jurusan.
  2. Menerima nilai mahasiswa dari para dosen, menginputnya ke dalam KHS, dan melayani permintaan KHS dari mahasiswa.
  3. Mempersiapkan adminsitrasi dan sarana rapat-rapat jurusan.
  4. Mengelola arsip nilai, kurikulum, silabus, SAP, dan dan berkas penting lainnya.

Partisipasi civitas akademica dalam pengembangan kebijakan serta pengelolaan dan koordinasi pelaksanaan program

Jurusan dengan Dosen

Diskusi Dosen

  1. 29 April 2011, “Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan di dalam Kurikulum Jurusan BKI,” Ahmad Fadhil.
  2. 29 April 2011, “Sufi Terapi di dalam Bimbingan dan Konseling,” Agus Ali Dzawafi.
  3. 1 Agustus 2011, “Hambatan dan Peluang Profesi Konselor di Indonesia,” Agus Sukirno.
  4. 2 Agustus 2011, “Mati Suri dan Relijiusitas”, AM Fakhrurrozi.

Penerbitan Jurnal Volume 02 edisi 01 dan 02.

–    Mengusulkan personalia pengelola Jurnal asy-Syifa dengan Pemimpin Redaksi  Agus Sukirno.

–    Rapat tupoksi organ pengelola Jurnal.

–    Rapat penetapan tema jurnal.

–    Pembuatan draft jurnal.

–    Rapat penetapan aturan selingkung Jurnal.

–    Editing akhir Jurnal.

–    Pencetakan Jurnal.

Diskusi tentang Desain Kurikulum, Silabus, dan SAP.

  1. Creative Writing (dengan Ade Jaya Suryani).
  2. Sosiologi (dengan Ade Jaya Suryani).
  3. Filsafat Tasawuf dan Sufi Terapi (Agus Ali Dzawafi).
  4. MK Kompetensi utama Jur. BKI (Hunainah, Agus Sukirno, AM Fakhrurrozi).

Jurusan dan Mahasiswa

  1. 7 April 2011: Pertemuan Kajur dengan seluruh mahasiswa Jur. BKI.
  2. 14-17 Juni 2011: Mengkoordinasikan dengan Dekan keberangkatan mahasiswa ke acara Workshop dan Seminar Nasional dan Informal Meeting BEM-J/HMJ BPI/BKI se Indonesia di IAIN Walisongo Semarang.
  3. 14 September 2011: Membuka dan memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Pengurus HMJ BKI 2011-2012.
  4. 12 Oktober 2011: Membuka dan menjadi narasumber dalam kegiatan Diklat Manajemen Konselor Islam (DMKI) II HMJ-BKI.
  5. 12 Desember 2011: Bedah Buku Relawan Dunia

Dengan organ struktural lainnya

  1. Mengusulkan kepada Senat FUD untuk menetapkan dosen tetap Jur. BKI.
  2. Mengusulkan kepada Dekanat untuk memohon perpindahan dosen yang berspesialisasi BK dan Psikologi dari FTA ke FUD.
  3. Mengusulkan kepada Senat FUD untuk mengesahkan rekonstruksi kurikulum Jur. BKI.
  4. Menyusun Proposal Perpanjangan Izin Operasional Jur. BKI.
  5. Menyusun Evaluasi Diri, Borang Jurusan, dan Borang Fakultas.
  6. Mengusulkan kepada FUD untuk mendirikan Lab. BKI.
  7. Berkoordinasi dengan Dekanat dalam kegiatan Audiensi Jur. BKI ke Kanwil Kemenag Prop. Banten.
  8. Melaksanakan kegiatan tingkat Fakultas: Studium General.
  9. Mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh organ lain di FUD: Lokakarya Pusat Kajian, Workshop Rekonstruksi Kurikulum FUD, Workshop Kurikulum PPMP, rapat-rapat, dll.

Misi Tahun 2012

  1. Melakukan kajian dan penelitian mendalam terhadap al-Quran, hadits, sejarah sahabat serta ulama pemikir Islam, dan khazanah pemikiran Islam dalam bidang-bidang yang relevan untuk mengkonseptualisasi disiplin ilmu Bimbingan dan Konseling Islam.
  2. Melakukan kajian dan penelitian mendalam tentang kearifan lokal Banten pada khususnya dan Nusantara pada umumnya untuk menemukan ciri khas “Konselor Banten”.
  3. Berpartisipasi dalam dan mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah dan profesional, seperti seminar, workshop, konferensi, dan lain-lain yang berkaitan dengan disiplin ilmu bimbingan dan konseling baik pada level nasional maupun internasional.
  4. Menerbitkan jurnal bimbingan dan konseling yang terakreditasi, buku-buku ilmiah yang berkualitas dan patut dijadikan referensi, dan produk-produk lain yang dibutuhkan baik oleh dunia akademis maupun masyarakat.

Program Tahun 2012

·    Penyusunan Buku Materi Ujian Khusus

  1. 25 ayat BKI.
  2. 25 hadits BKI.
  3. 25 kaidah BKI.

·   Penyusunan Standar Mutu Skripsi

  1. Menginventarisir model skripsi Jurusan BKI nasional dan internasional.
  2. Mengkoleksi skripsi-skripsi dan penelitian pada bidang bimbingan dan konseling nasional dan internasional.
  3. Mengkaji dan menyusun standar mutu skripsi.
  4. Mensosialisasi standar mutu skripsi.
  5. Menyusun standar pembimbingan skripsi dan menginventarisir dosen yang memiliki kualifikasi untuk menjadi pembimbing skripsi jurusan BKI.

·    Menjalin kerjasama dan memperkuat jaringan.

  1. Menginventarisir lembaga-lembaga yang penting untuk dijadikan mitra kerjasama.
  2. Menyusun naskah akademik dan TOR untuk kerjasama dengan setiap pihak yang telah diinventarisir.
  3. Mengesahkan dan melaksanakan program-program kerjasama secara optimal.

·    Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian

  1. Menghimpun tema-tema penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling.
  2. Membuat proposal penelitian untuk tema-tema tersebut.
  3. Mengupayakan pendonor bagi penelitian-penelitian tersebut.
  4. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian.

·    Berpartisipasi Dalam Kegiatan Ilmiah dan Profesional

  1. Menghimpun informasi tentang kegiatan ilmiah dan profesional dalam bidang bimbingan dan konseling baik pada level nasional maupun internasional.
  2. Mengirim dosen atau mahasiswa untuk berpartisipasi sebagai narasumber atau peserta dalam kegiatan-kegiatan tersebut.
  3. Menyelenggarakan satu kegiatan ilmiah level nasional dan satu kegiatan ilmiah level internasional.

·    Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat

  1. Bedah buku, Workshop, Pelatihan, Seminar.
  2. Sekolah/Majlis Taklim/Desa Binaan.
  3. Talkshow, Sosialisasi.
  4. Mencetak bulletin, prosiding.

·    Perbaikan sistem informasi

  1. Pengembangan efektivitas situs dan Jejaring Sosial.
  2. Pengembangan sistem informasi melalui leaflet, media massa, dll.

·    Tahsin dan Tahfiz al-Quran

  1. Pre Test Baca, Tulis, dan Hapalan al-Quran
  2. Pengelompokan mahasiswa berdasarkan kemampuan baca, tulis, dan hapalan al-Quran
  3. Pembinaan bagi mahasiswa yang lemah kemampuannya dalam baca, tulis, dan hapalan al-Quran

·    Pembinaan keterampilan bermasyarakat: Khutbah, Mengurus jenazah, memimpin doa dan tahlil, dll.

–            Persiapan visitasi Jur. BKI.

–            Optimalisasi fungsi Lab. BKI: Pengangkatan Kepala Lab. BKI.

–            Optimalisasi pembelajaran di Jur. BKI.

–            Harmonisasi kegiatan (rutin dan insidental) dan program Jur. BKI dengan organ struktural terkait.

–            Mengupayakan Jurnal asy-Syifa menjadi jurnal terakreditasi.

SWOT Tata Pamong

Kekuatan:  Sudah ada Statuta dan sudah ada personel-personel muda yang berdedikasi tinggi untuk pengelolaan Jurusan.

Kelemahan: (1) Job deskripsi di tingkat jurusan belum jelas. (2) Sistem evaluasi terhadap kinerja belum berjalan dengan baik. (3) Belum ada reward terhadap unsur yang berprestasi sehingga tumbuh budaya musabaqah fi al-khayrat, (4) pelaksanaan tugas dan fungsi hanya sesuai dengan job description improvisasi atau kehendak masing-masing personel.

Peluang: Semangat dan potensi kepemimpinan baru pada tingkat Fakultas FUD dan Jurusan BKI periode 2011-2014 bisa dijadikan kesempatan baik untuk mulai mengoptimalkan fungsi setiap unsur di fakultas menuju ke arah yang lebih baik dari periode sebelumnya.

Ancaman: (1) Beberapa hal yang turut mengancam terhadap pengelolaan Jurusan ini di antaranya adalah masih terlihatnya perbedaan persepsi mengenai penegakan disiplin dan rasa kemanusiaan antara pihak-pihak yang terlibat; (2) Ketua dan Sekretaris Jurusan mendapat izin kuliah S3.

SWOT Kepemimpinan

Kekuatan: Sudah ada aturan/pedoman sesuai tentang wewenang dan tanggungjawab yang  dapat diperjelas dan diperinci.

Kelemahan: Koordinasi dan pengawasan dari tingkat Fakultas masih kurang sehingga pelaksanaan tugas belum maksimal, keharmonisan belum maksimal, dan tupoksi belum berjalan efektif dan efisien.

Kesempatan: (1) Rapat rutin internal Jurusan; dan rapat rutin dengan unsur pimpinan fakultas untuk merespons setiap informasi dan isu-isu secara proporsional dan profesional. (2) Kepemimpinan yang partisipatoris, demokratis, aspiratif dan memiliki perencanaan yang matang.

Ancaman: Aktivitas pengembangan diri di luar fungsi dan tugas di lembaga terkadang lebih diutamakan.

SWOT Penjaminan Mutu Pendidikan

Kekuatan: IAIN “SMH” Banten telah memiliki Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) yang melakukan pengawasan dan mengkoordinir audit mutu internal.

Kelemahan: Belum mewujudnya penjaminan mutu pada tingkat Jurusan terutama dalam proses audit mutu internal yang diakibatkan oleh  faktor dana dan anggaran.

Kesempatan: DIKTI atau BAN PT dapat dimintai bantuan dalam  Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi  bagi setiap jurusan/prodi di lingkungan IAIN.

Ancaman: Kurang koordinasi antara Jurusan, Fakultas, dan Institut bisa memperlambat standar kemajuan quality assurance yang sudah dirumuskan dengan baik.

SWOT Sistem Informasi

Kekuatan: Dalam penerapan sistem informasi, Jurusan tersambung dengan sistem informasi akademik secara on-line yang setiap saat bisa diakses oleh dosen dan mahasiswa.

Kelemahan: (1) Penguasaan keterampilan komputer personel jurusan yang butuh peningkatan. (2) Personil jurusan rata-rata merangkap sebagai dosen pengajar sehingga mengganggu upaya peng-up-date-an data-data akademik. (3) Dosen dan mahasiswa belum seluruhnya bisa memanfaatkan secara optimal sistem informasi akademik Jurusan.

Kesempatan: Semangat sejumlah dosen untuk mengembangkan sistem informasi Jurusan dan Fakultas.

Ancaman: (1) Banyaknya Perguruan Tinggi yang telah menerapkan IT yang canggih dan situs yang bagus dan menjadi ancaman bagi jurusan kalau tidak dapat mengimbanginya. (2) Perbaikan perangkat lunak dan keras komputer yang mengalami kerusakan melalui prosedur yang berbelit-belit.

Demikian evaluasi dilakukan untuk memperbaiki diri, Jurusan, Fakultas, dan Institut.
Evaluasi ini masih harus dilengkapi dengan evaluasi pada poin-poin lain. Insha Allah akan dilengkapi pada kesempatan berikutnya.

Evaluasi Akademik Dan Kelembagaan FUD IAIN “SMH” Banten

Serang, 28 Desember 2011

Ketua Jurusan BKI

Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum

Penulis: bkiiainbanten

Ini adalah blog tidak resmi dari Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Dakwah Dan Adab IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s